Accesoris Pintu

Perlengkapan Pintu


Setiap pintu membutuhkan alat pengaman yang cukup sehingga dapat melindungi atau mengamankan benda yang ada di dalam ruangan tersebut dan alat pengaman ini biasa disebut kunci. Tetapi kunci tidak dapat berfungsi secara optimal sebagai alat pengaman pintu tanpa dilengkapi dengan aksesoris pendukung lainnya.

Aksesoris pintu yang utama adalah alat penggantung atau disebut juga engsel, dan dengan engsel ini pintu dapat dibuka/tutup. Berdasarkan cara kerjanya, pada umumnya engsel dibedakan menjadi 2 yaitu : engsel kupu-kupu dan engsel pivot.

1. Engsel kupu-kupu : digunakan untuk pintu dengan satu arah bukaan (single action). Penggunaan engsel kupu-kupu didasarkan pada ukuran pintu (berat, lebar dan tebal pintu). Jenis engsel ini sangat bervariatif, yaitu mulai dari engsel standard yang digunakan untuk pintu-pintu standard dan engsel dengan ball bearing yang digunakan untuk heavy duty.
Untuk pengamanan agar engsel tidak dapat dilepas asnya pada saat pintu terpasang maka engsel tersebut dilengkapi juga dengan pin pengaman yaitu NRP (Non Removable Pin). Fungsi ini penting untuk pintu dengan bukaan kearah luar seperti Jendela.

Foto produk : Engsel SEL0010 dan SEL0019






2. Engsel Pivot : yaitu engsel yang dipasang pada bagian atas dan bawah pintu, engsel pivot dapat digunakan untuk arah bukaan pintu satu arah (single action) atau dua arah bukaan (double action). Cara kerja engsel pivot menumpu pada lantai dan bagian atas hanya berfungsi sebagai guide. Penggunaan engsel jenis ini mempunyai kelebihan lebih rapi karena engsel tertanam di ketebalan daun pintu.

Foto produk : Engsel pivot CPH 20-500 dan OPH 75-R1




Jenis aksesoris pintu yang lainnya adalah :

l  Grendel tanam (flush bolt) : digunakan sebagai pengunci pintu pasif pada pintu dua daun, dapat dipasang pada ketebalan  daun pintu. Terdiri dari beberapa ukuran, mulai dari 6” s/d 36”, setiap pintu dipasang flush bolt pada bagian bawah dengan ukuran 6” dan bagian atas dipasang dengan ukuran yang lebih panjang agar lebih mudah untuk buka/tutupnya.

Foto produk : grendel tanam 314 12”



l  Dust Proof Strike : adalah lawan grendel pada lantai yang menutup degan per/pegas pada saat grendel tidak diaktifkan, gunanya untuk mencegah debu/kototan masuk ke dalam lubang lawan grendel di lantai. Foto : 013/12N

l  Automatic flush bolt : adalah jenis grendel tanam yang bekerja secara otomatis, yaitu pada saat pintu aktif dibuka maka pintu pasif akan otomatis terbuka. Jenis flush bolt ini biasanya digunakan untuk pintu dengan ketinggian diatas normal sehingga jika digunakan manual flush bolt akan sulit dijangkau untuk buka/tutupnya. 

Foto produk : automatic flush bolt 75-555



l  Door Closer : adalah alat penutup pintu otomatis, yaitu pada saat pintu dibuka maka akan menutup secara otomatis, alat ini berfungsi juga agar pintu selalu posisi tertutup. Ada beberapa tipe al : regular arm dan hold open arm. FOTO : DCL 83210.2-4 dan CLD 08320- 4

l  Door viewer : adalah intipan pintu yang biasa dipasang pada pintu depan. Foto : 35-60mm






Komentar