Door Closer



Manfaat penggunaan Door Closer


Door Closer adalah alat penutup pintu secara otomatis ( pintu selalu dalam keadaan tertutup) sehingga door closer merupakan bagian yang penting untuk melengkapi kebutuhan perlengkapan pintu agar berfungsi secara optimal

Secara Fisik/tampilan Door closer terdiri dari 2 bagian yaitu badan dan lengan door closer,

Pada badan door closer terdapat per yang berfungsi untuk selalu menarik atau menutup pintu setelah dibuka dan cairan pelumas hidrolis yang berfungsi untuk mengontrol laju atau bantingan pintu saat menutup agar tidak keras.

Lengan door closer merupakan penghubung antara badan door closer dan kusen pintu. Ada 2 jenis lengan door closer yaitu reguler arm dimana pintu akan selalu menutup kembali setelah dibuka. Dan lengan hold open arm  yang dapat membuat pintu tetap terbuka ketika diperlukan. Contoh : apabila ingin memasukkan barang dalam kedalam ruangan.

Manfaat menggunakan door closer pada pintu adalah :

  1. Keamanan.
Penggunaan door closer dapat membantu mengurangi resiko keamanan yang timbul pada pintu yang terbuka/lupa ditutup. Pintu yang terbuka dapat menimbulkan niat orang yang tidak bertanggung jawab untuk memasuki ruangan sehingga penggunaan door closer dapat membantu mengurangi resiko keamanan tersebut. Contoh pada pintu utama, pintu akses masuk, pintu kamar tidur/kamar mandi

  1. Hemat Energi
Apabila suatu ruangan memakai AC maka penggunaan door closer dapat membantu efesiensi mesin AC karena pintu selalu dalam keadaan tertutup. Mesin AC akan bekerja lebih keras apabila pintu ruangan terbuka yang akan mengakibatkan biaya listrik menjadi meningkat.




Komentar