Enrico Casina


Classic is Forever

Bila mencermati perkembangan desain dunia arsitektur di Indonesia beberapa tahun belakangan ini, kita pasti akan menemukan sebuah istilah yang sangat populer yaitu ”modern minimalis”.

Faktanya, gaya Modern Minimalis memang sangat mendominasi desain bangunan di hampir satu dekade belakangan ini. Tidak saja pada desain bangunan rumah tinggal pribadi, tetapi juga pada desain bangunan publik lainnya. Kekuatan desain modern minimalis ini ada pada “kesederhanaan” tampilannya, yang cenderung didominasi oleh bidang dengan garis lurus atau bidang berbentuk kotak.

Imbas dari perkembangan aliran desain arsitektur ini, bahan dan peralatan pendukung bangunan pun mau tidak mau harus menyesuaikan diri. Salah satunya adalah kunci pintu, dalam hal ini desain dari handel/pegangan pintu.

Handel pintu yang tersedia di pasar pun kebanyakan diisi oleh bentuk handel yang mengadopsi desain modern minimalis. Tampilan handelnya simpel dan cenderung ”kaku” berbentuk kotak dan atau sudut lurus, biasanya dengan finishing stainless steel atau satin chrome.

Tetapi, di tengah gencarnya perkembangan aliran modern minimalis ini, ternyata tetap ada orang-orang yang setia kepada desain klasik. Bahkan akhir-akhir ini ada kecenderungan desain klasik mulai kembali akan bangkit. Ini ditandai dengan mulai meningkatnya minat terhadap handel dengan desain klasik.

Melihat pada adanya kecenderungan ini, Kenari Djaja sebagai perusahaan yang sudah lebih dari 52 tahun bergerak di bidang perlengkapan pintu dan jendela, memilik banyak merek handel pintu dengan desain klasik, salah satu nya adalah Enrico Cassina, yang merupakan produk import dari Italia.

Berbeda dengan handel dengan desain modern minimalis yang cenderung berbentuk ”sederhana” dan ”kaku”, bentuk handel dengan desain antik lebih ”rumit” dengan lekukan dan ukirannya. Finishingnya pun lebih bervariasi seperti goldplated, polished brass, antique brass atau antique.

Produk Enrico Cassina merupakan produk yang sudah sangat dikenal di Italia sebagai salah satu produk yang berada pada ketegori kelas premium. Bukan saja karena mereka merupakan produsen yang sejak awal berdirinya pada tahun 1850 sudah mengkhususkan diri memproduksi handel berdesain klasik, tetapi produknya memang selalu memperhatikan kwalitas. Baik dari pemilihan bahannya yang terbuat dari materi brass (kuningan) bermutu tinggi, juga dari keindahan ukiran handelnya. Keunikan lain dari handle merek Enrico Cassina ini adalah, mereka masih tetap mempertahankan cara-cara tradisional dalam mendesain yang masih banyak menggunakan kerja tangan telanjang dan produksinya pun tidak dilakukan secara massal.

Begitu ketatnya pengawasan dan produksinya sehingga tidak salah bila dikatakan produk Enrico Cassina bukan lagi dilihat sebagai produk arsitektur semata, tetapi juga dianggap sebagai benda seni dekoratif.

Ini yang mungkin menjadi penyebab mengapa ada saja orang-orang yang tetap ”fanatik” kepada desain klasik di dunia arsitektur dan perlengkapannya. Karena mereka menganggap desain bangunan tidaklah sekedar tiang dan dinding dengan bidang lurus dan kotak, tetapi adalah bagian dari ekspresi seni dari pemiliknya.


Saat ini produk handel Enrico Cassina telah dapat diperoleh di seluruh showroom Kenari Djaja, baik itu yang berada di Jakarta, Bandung, Semarang, Jogjakarta, Bali dan Makassar.




Komentar