Handle Stainless Steel


KEND Stainless Steel Handle

Handle kunci pintu merupakan bagian dari kunci yang berfungsi sebagai alat untuk menggerakkan lidah pengaman dari sebuah sistem penguncian. Selain memiliki fungsi mekanis, handle juga memiliki fungsi dekoratif. Karena handel adalah bagian dari kunci yang tampak dan telah menjadi bagian yang tak terpisahkan dari sebuah pintu. Itu sebabnya mengapa saat ini bentuk dan desain dari handel kunci pintu sangat variatif. Begitu juga dengan pilihan material dasarnya pun sangat beragam.

Salah satu jenis material dasar yang menjadi pilihan untuk menjadi material handel pintu adalah stainless steel. Pertimbangan utama yang menjadi alasan mengapa jenis material stainless steel dipilih sebagai bahan pembuat handel adalah faktor kekerasan dan kekuatan materialnya serta ketahanannya terhadap faktor-faktor penyebab proses korosi atau karat. Tetapi di sisi lain, kekerasan dan kekuatan materialnya menjadikannya sulit untuk dibentuk. Itu sebabnya mengapa, selama ini, bentuk atau desain handel yang terbuat dari material stainless steel cenderung bersifat kaku dan kurang variatif. 

Tetapi setelah dikembangkan teknologi proses cetak untuk produk stainless steel dengan sistem die-cast, maka desain handle kunci pintu dengan material stainles steel mulai variatif dan lebih “modis”. Ditambah lagi dengan diaplikasikannya variasi jenis finishing polished stainless steel (US32) yang memberikan warna mengkilap dan jenis finishing satin stainless steel (US32D) yang menampilkan warna cenderung “buram” dengan serat-serat rambutnya.

Perkembangan teknologi pengolahan material stainless steel ini memberikan kesempatan kepada para desainer untuk membuat bentuk-bentuk yang lebih menarik, tidak lagi hanya berbentuk kotak atau bulat tetapi sudah bermain dengan bentuk lain. Ditambah lagi dengan dikombinasikannya kedua jenis proses finishing tersebut pada sebuah handel (two tone), memberikan kesan lebih moderen.


Untuk melihat bentuk handel dengan desain moderen namun minimalis dengan material stainless steel, saat ini sudah tersedia di seluruh outlet atau cabang dari KENARI DJAJA.




Komentar